Minggu, 26 Juni 2016

KATEGORI MULTIMEDIA

    Jika dilihat dari kategorinya, Multimedia terbagi atas dua kategori, yaitu isi produksi multimedia  ( multimedia contant production ) dan komunikasi multimedia ( multimedia comunication ). adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Isi Produksi Multimedia ( Multimedia Contant Production )

    Isi produksi multimedia berupa tahap pembuatan atau proses yang menggabungkan beberapa media. Isi produksi multimedia terdiri atas teks, grafis/ image, animasi, video, musik, visual effect dan sound effect. menjadi satu kesatuan dengan output produk multimedia, dengan tujuan untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti musik, film, iklan televisi, video animasi, entertainment dan lain-lain.
    Isi produksi multimediabisa juga diartian sebagai pemanfaatan sejumlah teknologi berbeda. Yang memungkinkan dilakukangannya penggabungan beberapa media seperti teks, audio, grafis, animasi, video, dan interaktif., menjadi sebuah menida komuinitas. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah sebagai berikut

A. Media Teks
 
     Media teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan. Teks dapat berbentuk huruf, kata, surat, atau narasi,  dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks tergantung pada pembangunan aplikasi.

B. Media Audio

    Media audio berupa efek suara, lagu, atau narasi. PC multimedia yang tanpa bunyi bukanlah multimdia atau disebut unimedia. Bunyi dapat di tambahkan dalam multimedia melalui suara, sepertihalnya grafis, audio dapat dipenuhi dengan cara membeli ataupun menciptakan sendiri.

C. Medio Video

    Media video merupakan tempilan gambar bergerak yang telah direkam sebelumnya. Media ini menyediakan sumber daya tampilan yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.

D. Media Animasi

    Media animasi merupakan penggunaan aplikasi komputer untuk menciptakan gembar-gambar bergerak, baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi, yang ditampilkan dalam layar atau monitor

E. Media Grafis /Image

    Media grafis atau image adalah penggunaan image atau gambar dalam bentuk presentasi/ publikasi multimedia agar lebih menarik perhatian dan dapat kmengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas penyajian data yang kompleks dengen cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.

F. Media Interaktif
 
    Media Interaktif adalah media yang memuat menu-menu khusu yang dapat di klik oleh user untuk memunculkan informasi berupa audio, visual, dan fitur yang di inginkan oleh pengguna. Tampilan audio visual lebih menarik jika dibandingkan media konvensional seperti buku atau media 2 dimensi lainnya.

G. Media Spesial Efek

    Media spesial efek merupakan sebuah media yang dalam penampilan visualnya menyajikan efek - efek yang di buat melalui berbagai software pendukung multimedia. Tujuannnya untuk meperindah tampilan visual dari object yang di tampilkan.


2. Komunikasi Multimedia ( Multimedia Comunication ) 

    Komunikasi Multimedia merupakan aplikasi dari produk akhir multimedia yang di tampilkan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Biasanya material yang disampaikan adalah bidang advertising, publicity, entertainment, news, education, dll

A. Televisi
 
     Televisi biasanya menampilkan produk akhir dari pengerjaan multimedia berupa iklan, animasi, video clip, atau film-film dengan special effect, yang pada penyajiannya menampilkan audio dan visual sekaligus

B.  Radio
  
     Media ini menyajikan iklan ataupun bumper audio, yang disiarkan kepada khalayak/ masyarakat luas dalam bentuk suara, dengan tujuan memperkenalkan/ meningkatkan pejualan dari sebuah produk.

C. Film

    Pembuatan sebuah film tidak pernah luput dari multimedia. mulai dari produksi hingga proses penayangannya. Jadi, sudah sangat jelas bahwa film merupakan salah satu produk akhir dari multimedia

D. Cetak

    Media publik dalam bentuk cetak, seperti majalah, koran, selebaran, dan spanduk, adalah salah satu bentuk media dua dimensi dari multimedia.

E. Musik

    Musik merupakan salah satu bagian dari multimedia, berupa penyajian suara/ audio dalam bentuk alunan lagu yang menarik. penyampaian musik dilakukan melalui seperangkat alat audio berupa speaker/ perangkat audio system.

F. Game

    Game merupakan produk ahir multimedia bentuk permainan yang diciptakan dari perangkat lunak (software) komputer yang menyajikan animasi, baik dua animasi maupun tiga dimensi

G. Entertainment

     Entertainment merupakan sarana atau tempat yang menyajikan hiburan, seperti bioskop, tempat karaoke, arena bermain yang menggunakan aplikasi multimedia (game), bar yang menyajikan hiburan live music, dan lain-lain

H. Tutorial

     Pemanfaatan multimedia pada tutorial dapat di aplikasikan dalam bentuk cd pembelajaran materi untuk pendidikan atau dapat juga berupa buku elektronik (e-book) dengan format tampilan interaktif

I. ICT  ( Internet )

    Internet adalah salah satu media informasi yang paling lengkap, karena pada fungsinya dapat menyajikan hempir semua format multimedia, baik berupa image/ gambar, audio, video, interaktif, e-book, dan lain-lain.  Jangkauan media internet lebih luas karena dapat di akses diseluruh dunia. sehingga menjadi sangat efektif dalam mendukung publikasi dari produk multimedia.




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname